Ground Servicing Equipment
(Peralatan/Perlengkapan untuk Pemeliharaan Pesawat di Ground)
Dari waktu ke waktu sesuai dengan
perkembangan pesawat, maka untuk
mendukung pelaksanaan maintenance/servis pesawat dan keperluan pemeriksaan
diperlukan Perlengkapan yang secara paralel mengikuti perkembangan daripada pesawatnya.
Di samping itu untuk keperluan
menghidupkan engine awalnya juga diperlukan perlengkapan (equipment) yang memadai (Ground Power Unit); untuk
keperluan memanaskan suhu ruang cabin dan keperluan pendinginan juga diperlukan
peralatan. Dengan alasan-alasan ini,
maka di-perlukan Ground Power Unit (GPU) untuk mensuplai kebutuhan tersebut
pada saat engine pesawat sedang tidak running, type GPU yang biasa dipergunakan
di lapangan yaitu type Moveable (yang bisa dipindah/dibawa sesuai dengan
kebutuhan)
Electrical Ground Power Unit
Battery yang dipergunakan untuk
pesawat ringan/kecil sangat terbatas
kapasitasnya, bahkan kapasitas battery yang tersedia lebih kecil
dibandingkan untuk keperluan
menghidupkan engine. Dengan alasan ini
maka pada umumnya setiap Airport/Bandara menyediakan Battery Pendukung yang moveable lengkap dengan Kabel Powernya
untuk dihubungkan ke pesawat untuk keperluan menghidupkan engine. Untuk Pesawat Terbang berukuran besar,
biasanya dilengkapi dengan Unit Generator yang diputar oleh Propeller Engine
Pesawat, dengan kelengkapan unit ini maka keperluan untuk menhidupkan engine
dapat dilakukan sendiri.
Untuk Pesawat Turbo Jet, pada
umunya dilengkapi dengan Auxiliary Power Unit (APU). APU ini merupakan Turbine Engine dengan
ukuran kecil yang dimaksudkan untuk
menghidupkan engine, mendinginkan /memanaskan
ruangan Cabin, memberikan electrical power untuk macam-macam
system. Oleh karena itu apabila APU ini
tidak berfungsi maka perlu adanya Moveable Ground Power Unit
Hydraulic Power Unit (HPU)
Pada umumnya pesawat terbang
mempergunakan jasa hidraulik (hydraulic) untuk
pemeriksaaan rutin Landing Gear saat perawatan. Pemeriksaan ini diawali dengan melakukan
Jacking (Pendongkrakan) untuk menaikkan pesawat terbang, selanjutnya HPU
disambungkan/dihubungkan ke hydraulic system-nya pesawat (alat penghubung ini
biasa disebut dengan "Quick - Disconnect Fitting"), setelah terhubung
dengan baik, maka secara otomatis membuka langsung system hydraulic di pesawat
dan Landing Gear dapat digerakkan keluar dan ditarik/dimasukkan lagi, dari
hasil pemeriksaan ini dapat diketahui apakah ada kejanggalan/penyimpangan dari
fungsi hydraulic Landing Gear atau memang masih
layak pakai.
Pada umumnya HPU tidak mensuplai
Hydraulic Oil kedalam hydraulic system pesawat, hydraulic yang di pesawat
mempergunakan hydraulic oil-nya sendiri yang sudah ada di pesawat, akan tetapi
kesesuaian antara kedua hydraulic oil yang dipergunakan baik untuk HPU dan yang
di pesawat harus sama spesifikasinya, hal ini untuk menghindari kontaminasi
yang terjadi. Karena apabila kontaminasi
telah terjadi di pesawat akan membutuhkan biaya yang cukup mahal, hal ini
disebabkan seluruh hydraulic oil yang di pesawat harus dikosongkan/dikuras, dan
sebelum diganti dengan oil yang baru semua hydraulic system harus dibersihkan,
seal-seal diganti dengan yang baru, pelaksanaan pengerjaan ini harus di
"Certified Repair Station"
Air Compressor Unit (ACU)
Moveable ACU biasanya dipasang /ditarik oleh kendaraan
semacam trailler untuk memudahkan memobilisai ke tujuan yang dikehendakim. ACU berfungsi untuk memberikan/mensuplai
udara bertekanan untuk keperluan pesawat terbang seperti : Pneumatic System,
Accumulator, Landing Gear Strut, pengisian pada Ban, dsb.
TERIMA KASIH ADMIN
ReplyDelete