Friday 21 December 2012

Aircraft system



Ada yang tau dengan kata AirCraft System disini,bagi yang bersekolah atau pernah bersekolah di smk penrbangan manapun,mungkin sudah tau dengan kata ini,apalgi yang bekerja di dunia penerbangan,kata ini mungkin sudah tidak asing lagi.
Disini saya akan berbagi tentang pelajaran AirCraft System yang saya dapat di sekolah saya yaitu SMK PENERBANGAN IMMANUEL MEDAN pada saat ditingkat XI,.Mungkin ini bisa menjadi acuan untuk adik-adik kelas saya disekolah.
Hmm,Pasti diantara kalian semua pasti ada yang pernah naik pesawat terbang donk,tapi hanya sedikit dari anda semua yang mengetahui system-system yang ada dan bekerja pada pesawat terbang tersebut,jadi disini saya akan membeberkan sedikit tentang system-system yang ada di pesawat terbang.Sebenarnya ada banyak jenis system yang dipakai di Pesawat terbang,apalagi dijaman sekarang,yang teknologinya sudah sangat luar bisa (lebay) tapi itu kenyataan sih.Hhe
Cukup basa-basinya,kita langsung aja ke pembahasan.

AirCraft System biasa disingkat dengan nama ACS,ACS adalah pelajaran yang menjelaskan tentang segala jenis system yang digunakan pada AirCraft/Pesawat Terbang.
Yang pertama saya dapatkan pada saat belajar ACS ini adalah sistem yang bernama Pneumatic,kurang  lebih seperti ini catatan yang ada di buku saya:

SYSTEM PNEUMATIC(SP)
Pneumatic berasal dari kata Yunani yang artinya udara/angin.
Jadi sistem yang menggunakan tenaga yang disimpan dalam bentuk udaa yang dimampatkan untuk menghasilkan suatu kerja disebut dengan System Pneumatic.
Ada beberapa Fungsi dari sistem ini,diantara lain adalah untuk:

Brake/sistem pengereman pada pesawat terbang,intinya buat nge-rem
Open and close doors(membuka dan menutup pintu) tentunya di pesawat.
Instrument (sistem penunjuk keadaan pesawat yang berada di cockpit) saya akan menjelaskan lebih lanjut tentang ini(tunggu saja)
Cabin Pressurization,benr ga tuh nulisnya
Icing system,dibagi 2: -Anti Icing(mencegah terjadi es),-De icing(melelehkan/menghancukan setelah terjadinya es)
extend and Retract landing gear(untuk turun dan naiknya landing gear/roda pendarat)
Steering

nah,itu beberapa fungsi dari SP,kita lanjutkan dengan kelebihan dan kerugiannya menggunakan Sistem Pneumatic ini,namanya juga benda,pasti ada kerugian dan kelabihannya donk,manusia aja ada kekurangannya,apalagi benda yang dibuat manusia(lebay lagi)kenyataan lagi sih.

Nih Kelebihannya system pneumatic:
a.Fluida kerja mudah didapat dan ditransfer(pokoknya gitu dah,ngerti kali)
b.Dapat disimpan dengan baik
c.Penurunan tekanan relatif lebih kecil dibandingkan dengan sistem hidrolik(untuk sistem hidrolik,ada di pembahasan beikutnya) mudah"an sempet,amin
d.Viskositas fluida yang lebih kecil sehingga gesekan dapat diabaikan.
e.Aman terhadap kebakaran.
dan ini kekurangannya:
a.Gangguan suara yang bising
b.Gaya yang ditransfer terbatas
c.Dapat terjadi pengembunan
d.Sulit menemukan tempat terjadi kebocoran pada sistem.

OK Slamat belajar :D

2 comments: